Sunday, November 24, 2013

Budaya Unik Membungkuk di Korea dan Jepang



Jika kita melihat konser KPOP pasti sudah tidak heran mengapa setiap selesai menyanyi mereka selalu membungkuk, jika di negara lain mungkin dilakukan dengan melambaikan tangan. Itu merupakan bahasa tubuh orang korea dan jepang sebagai rasa penghormatan. Mereka juga biasa membungkukkan badan sebagai ungkapan rasa hormat, permohonan maaf, beribadah dan kasih sayang.

Gerakan-gerakan itu bisa dilakukan dengan kemiringan tertentu dan kadang-kadang juga dilakukan secara berulang-ulang. Di Korea dan Jepang membungkuk sama saja dengan salam. Jadi tiada hari tanpa membungkuk.

Cara membungkukkan badan merupakan etika dari pergaulan yang sangat penting di kedua negara tersebut. Di kedua negara ini , semakin dalam dan lama orang membungkuk, semakin dalam rasa penghormatan atau penyesalan yang dalam.



Berapa derajat membungkuk mempunyai arti yang berbeda-beda, kesalahan membungkuk dapat berakibat fatal. Hanya membungkuk sedikit dan sesaat itu sikap yang ditunjukkan seperti seseorang yang menjadi sasaran kemarahan atasan. Sedangkan membungkukkan bahu dan langsung pergi itu menunjukkan seperti anak kecil yang baru saja dimarahi. Sementara sikap membungkuk berkali-kali sampai ke pinggang disertai permohonan maaf terjadi pada keadaan ekstrim seperti montir yang merusak mobil konsumen.

Di korea dan Jepang, memberikan sesuatu ataupun bersalaman bisanya selalu disertai dengan membungkuk. Bahkan biasanya perempuan di korea tidak menawarkan diri untuk berjabat tangan walaupun di situasi bisnis. Ada beberapa wanita yang menolak ketika pria menawarkan berjabat tangan. Secara umum, membungkukkan badan di negara Korea dan Jepang merupakan isyarat tubuh yang berulang kali dilakukan tanpa sadar dalam interaksi dengan semua orang.

Peraturan kebiasaan membungkuk di Korea dan Jepang umumnya dibagi dalam 3 jenis yaitu informal, formal dan sangat formal. Dari ketiganya itu dapat dibedakan dari sudut bungkuknya. Membungkuk 15 derajat untuk informal, 30 derajat untuk formal, dan 90 derajat hingga dahi menyentuh tanah untuk sangat formal. Membungkuk untuk seorang pria biasanya menekan pantat untuk menjaga keseimbangan, sedangakn wanita biasanya menaruh kedua tangan di depan badan.



Seiring perkembangan zaman, terutama Hallyu telah menjadikan percampuran kebudayaan Barat dan Timur. Orang Barat lebih sering berjabat tangan jika bertemu sedangkan orang timur cenderung membungkuk. Percampuran kedua budaya ini menghasilkan sebuah salam yang disebut bow dan handshake. Contoh yang paling nyata adalah saat Presiden Amerika Obama yang mengunjungi Kaisar Jepang. Tapi dengan berkembangnya pengetahuan orang Barat mengenai kebiasaan membungkuk di Timur, maka sekarang orang Barat cenderung membungkuk.


1 comments:

Post a Comment

 
;