Sunday, November 24, 2013

Hiburan yang Bermanfaat


Hampir sebagian besar kita remaja sangat rentan dengan kebosanan. Bosan dengan rutinitas yang dilakukan sehari-hari contohnya sekolah. Solusi dari kesemuanya itu adalah hiburan. Memang hiburan adalah suatu kebutuhan rohani yang mutlak kebutuhannya.

Sayangnya sekarang banyak remaja yang menjadikan hiburan menjadi gaya hidup mereka yang sebenarnya hiburan adalah sebagai kebutuhan sekunder saja. Contohnya adalah narkoba, minum alkohol, clubbing, fanatik dengan musik punk anarkis, dll. Yang semuanya itu menjadikan tugas utama sebagai pelajar dan muslim terlupakan. Allhah berfirman di dalam Al-Qur'an  dalam surat At-Takatsur ayat 1 & 2 yang artinya "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur".

Mencari hiburan memang tidak dilarang, namun kita harus lebih cerdas dalam memilihnya. Marilah kita bersemangat dalam terhadap hal-hal yang bermanfaat kepada kita.

Cara-caranya:

1. Mencari lingkungan yang baik dengan komunitas-komunitas hobi tertentu. Misalnya:Klub basket, Skate-boarder, bag-packer, komunitas pecinta alam, dll. Dengan bergabung di komunitas-komunitas tersebut kita tidak hanya akan mendapat hiburan saja, namun kita juga bisa mengembangkan pergaulan ke arah yang lebih positif.

2. Kita bisa membuat hiburan sendiri. Jika kita orangnya memang kreatif, jadi tidak salah jika kita membuat hiburan sendiri.Misalnya dengan membuat jadwal liburan ke luar kota. Yang penting dapat menciptakan suasana baru yang nyaman dan membuat pikiran kita segar kembali.

3. Mencari pengetahuan yang belum kita ketahui. Topik-topik pembacaraan yang biasa-biasa saja dapat membuat kita bosan. Dengan mencari pengetahuan tentang hal-hal baru dapat memperkaya pengalaman dan ilmu.

Itulah beberapa contoh hiburan-hiburan cerdas. Dan perlu kita ingat bahwa hiburan yang kita lakukan juga musti syar'i. Tidak boleh lupa bahwa posisi kita sebagai generasi muda muslim.

cr: www.ummaymochil.wordpress.com

1 comments:

Post a Comment

 
;