Friday, November 22, 2013

Cara Mengatasi 'Ngaret'


Budaya 'ngaret' atau bisa dibilang tidak tepat waktu sudah medarah daging di kehidupan kita. Budaya ini merugikan banyak orang terutama bagi pelajar atau mahasiswa yang harus datang tepas waktu pada saat sekolah ataupun kuliah.

Disini ada beberapa tips untuk mengatasi budaya 'ngaret' ini:
  1.       Time Management Skill
    Budaya 'Ngaret' ini biasanya diawali karena kelemahan kita dalam mengatur waktu. Kita harus pandai-pandai dalam mengolah waktu dengan bijaksana. Kita bisa memulainya dengan membuat jadwal kegiatan kita sehari-hari atau membuat time planner kita juga bisa menggunakan remainder untuk mengingat kegiatan yang harus kita lakukan atau janji bertemu dengan seseorang.
  2.         Disiplin
    Jangan biasakan diri kita untuk mengabaikan kegitan yang sudah disusun dengan baik. Karena, dengan melanggar satu poin, kita dapat merusak semuanya. Contohnya kita memiliki janji bertemu dengan seseorang, namun kita malah asyik dengan kegiatan yang lainya sehingga datang dengan tidak tepat waktu. Sikap ini dapat merugikan banyak orang. Dengan tidak tepat waktu itu sudah menunjukkan kita bukan orang yang bisa dipercaya dan selalu ingat bahwa medapatkan kepercayaan itu mahal.
  3.       Tentukan Prioritas
    Belajar menentukan skala prioritas itu bertujuan supaya kita tidak kebingungan untuk menentukan mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Dengan adanya skala prioritas ini kita dapat menjadi lebih fokus dan tidak mudah membuat janji baru dengan orang lain yang dapat mengakibatkan janji yang sudah dibuat untuk bertemu dengan seseorang menjadi berantakan atau molor karena janji yang belum terencana sebelumnya.
  4.        Hargai Orang Lain
    Jika kita ingin dihargai orang lain, maka kita harus menghargai orang lain juga. Ini adalah sebuah prinsip  yang harus kita ingat baik-baik saat membuat janji dengan seseorang. Dengan kita datang tidak tepat waktu atau terlambat itu sama saja sudah tidak menghargai orang lain.
  5.          In the end
    Kita akan memetik buahnya dengan kita merubah diri dari fashionable late menjadi fashionable on time.
Semoga tips-tips di atas dapat mengatasi budaya 'ngaret' yang sudah mendarah daging di kehidupan kita.

1 comments:

Post a Comment

 
;